Wednesday, June 09, 2010

pesta kembang api

“Malam ini aku berfikir tentang 20 tahunku dan mencoba mengingat hari-hari spesial antara 20 x 365 hari itu. Aku dan kembang api hidupku."

Drama hidup ini terus berjalan, waktu berganti tanpa bertanya. Bersamanya ada rangkaian peristiwa dan adegan. Telah diatur tentunya tapi tak ada yang tahu jelas ceritanya.

Layaknya drama, ada tokoh aneka watak di dalamnya. Dalam drama kita dituntut untuk terus berlatih keras. Menjadi sebuah kewajiban bagi aktor agar mampu memiliki penghayatan utuh atas tokoh yang di perankannya.

Ini tentang aku dan kamu [kita]

Berbulan-bulan kadang materi latihan ini terus dibebankan. Tak kunjung juga sampai pada hari pementasan. Tapi kita terus tanpa pilihan untuk tidak berlatih. harus terus.

Bersama bergantinya waktu, di sinilah pembuktian teori seleksi alam dapat nyata terlihat. Satu persatu aktor memilih mundur. Gugur. Sebagian yang lain terus berlatih. Tentunya hanya yang memilih untuk maju terus yang akan berhak ikut dalam pementasan nanti.

Hari pertunjukanpun datang, lebih dari 2 tahun berlatih dan akan di uji di 2 jam pertunjukan ini. Singkat memang, tapi di sanalah pembuktian seorang aktor, penata panggung, penata cahaya, penata musik hingga penata rias. Bersama.

Dua jam telah berlalu..
Pertunjukan usai..

Latihan kembali menanti, tak ada banyak waktu untukmu merayakan hasil pertunjukan tadi. Sekarang hari-hari seperti biasa, latihan. Bedanya pada materi latihan karena kali ini kau akan diajarkan tentang materi lanjutan yang mungkin belum pernah kau tahu sebelumnya. Materi ini hanya untuk mereka yang telah melewati pementasan pertama.

Tak jelas pertunjukan berikutnya akan berlangsung kapan. Tapi waktunya akan datang, dan lagi-lagi yang berhak ikut serta mereka yang teguh terus berlatih.

Inilah hidup yang coba kufahami, setiap hari sama waktunya. Tapi berberbeda isinya. Ada yang perputrannya terasa biasa saja. Ada pula yang menuntutku berfikir lebih lama dan ragaku bekerja lebih keras (pertunjukan).




” inilah hidup, selayaknya pesta kembang api. Persiapannya begitu lama, dan puncaknya adalah pada kekaguman pada gemerlap cahaya sesaat”

yogyakarta 08.06.2010
selamat dan sukses buat seluruh kepanitiaan SIMFONI 2010
tak sabar menunggu pertunjukan 'kembang apinya'.
teruslah berlatih karena ada banyak pertunjukan lain yang datangnya tiba-tiba :)


Labels: ,

2 Comments:

At June 9, 2010 at 5:38 PM , Blogger Unknown said...

G double O D J O B > Good job god job.. sangat menginspirasi...

 
At June 14, 2010 at 3:11 PM , Anonymous Anonymous said...

inilah hidup, selayaknya pesta kembang api. Persiapannya begitu lama, dan puncaknya adalah pada kekaguman pada gemerlap cahaya sesaat”

tapi kekaguman sesaat akan jadi kisah cerita abadi selanjutnya..

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home